Skip to content

Membeli Penyakit dengan Sedekah

16 Agustus 2011

Setelah sekian lama pergi dari peradaban blogger, kini saya hadir lagi di bulan yang paling istimewa ini. Ini adalah postingan ketiga setelah puisi cinta untuk pasangan saya yang saya berikan tepat pada ulang tahunnya tanggal 12 juli yang lalu, dan postingan facebook yang saya copy paste dari dinding facebook saya.Di bulan yang penuh berkah ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya tentang “sedekah”.

Banyak keajaiban-keajaiban sedekah yang sudah saya lihat dan rasakan. Sedekah tidak hanya bisa menambah harta kita, tapi dia juga bisa membeli segala masalah kita, dia bisa membeli kesedihan kita dan menggantinya dengan kebahagiaan, dia bisa membeli kegalauan kita dengan ketenangan, dan bahkan Penyakitpun bisa kita beli dengan sedekah.

Dalam kesempatan ini, saya akan membagi salah satu keajaiban sedekah yang saya rasakan diantara banyak sekali kejaiban yang saya rasakan. “membeli penyakit dengan sedekah”. Kisah ini benar-benar terjadi pada diri saya. Waktu itu saya diberi nikmat oleh Allah untuk merasakan sakit perut yang lumayan menyiksa. Berbagai upaya sudah kami lakukan, dokter kami datangi, tukang urutpun kami undang untuk menyembuhkannya. Tapi semuanya nihil, obat demi obat saya lahap tanpa hasil, beberapa kali tukang urutpun menampilkan keahliannya mengurut perut saya yang menghasilkan kesia-siaan juga. Kami bingung, tak tahu lagi apa yang harus kami lakukan.

Dalam kebingungan tersebut, saya baru teringat kesalahan saya. Kesalahan yang dilakukan hampir sebagian besar manusia jika terkena masalah. Lupa sama Allah. Harusnya bukan dokter ataupun tukang urut yang saya datangin pertama ketika saya sakit, seharusnya saya tidak langsung berikhtiar tanpa melibatkan Allah. Ditengah-tengah kesakitan saya, akhirnya saya berdo’a dan memohon ampun kepada Allah atas kesalahan saya tersebut dan meminta Allah memberi petunjuk untuk kesembuhan saya.

Dalam waktu beberapa menit setelah saya berdo’a, saya diingatkan oleh salah satu tausiah seorang ustadz terkenal (ustadz yusuf Mansur) yang mengatakan “sedekah bisa menyembuhkan penyakit”. Kata beliau, Rasulullahpun pernah menyuruh kita membeli penyakit dengan sedekah. Dan saat itupun saya berniat untuk bersedekah Rp.100.000,- pada keesokan harinya. Karena waktu itu malam hari jadi saya berniat untuk bersedekah keesokan harinya. Setelah saya berniat tersebut, saya berdo’a kepada Allah meminta penyakit saya diangkat dari tubuh saya, dan ajaibnya, dalam waktu kurang dari 5 menit setelah saya beniat sedekah dan berdo’a, penyakit perut sayapun lenyap sampai sekarang. Subhanallah, walhamdulillah, wallahuakbar.

Mari kita datangin Allah dulu di setiap masalah kita, jangan tunggu kita mentok (putus asa dengan ikhtiar) baru mendatangi Allah. Selama ini paradigma yang kita pakai adalah kita berusaha semaksimal mungkin dan semampu kita, setelah itu baru kita datangin Allah untuk berserah diri dengan hasil usaha kita. Mari kita ubah paradigma tersebut dengan mendatangin Allah terlebih dahulu sebelum berusaha, dan kemudian baru kita berusaha dengan maksimal (bersama Allah tentunya karena kita sudah mendatangi dan mengajak Allah), setelah itu bersyukur dengan hasil yang diperoleh. (apapun hasilnya pasti yang terbaik buat kita, karena kita berjalan bersama Allah).

Semoga bermanfaat
Salam Berbagi kebaikan

12 Komentar
  1. miracle of giving…

  2. ane juga suka tuh dengaerin ceramah ust Y. Mansur dan belajar untuk mengamalkannya.

    • kalau sudah dapat keajaiban dari amalannya tolong share ya? siapa tahu bermanfaat bagi yang lain.
      salam berbagi kebaikan

  3. Berdasarkan yang sudah aku alami, ke-istiqomah-an dalam bersedekah ternyata membawa berkah dengan tidak pernah berhentinya rezki mengalir. Jadi, bagiku, bersedakah adalah sebuah bisnis yang menguntungkan dan tidak akan pernah rugi karenanya

    • sangat-sangat benar sekali mas, mari kita sama-sama merubah paradigma “bersedekah setelah kaya” menjadi “mau kaya, bersedekahlah”
      thanks pengalamannya.

  4. Anonim permalink

    betul, mbak… kadang2 memang saya merasa sedekah saya masih sedikit sekali… harus meningkatkan nih, kebetulan momennya pas ramadhan… terima kasih sudah mengingatkan ya😀

    • semakin banyak sedekah akan semakin membuat kita kaya mbak, kaya hati, kaya harta, kaya amal, kaya pahala dan sebagainya. banyakin sedekahnya. minimal 10% dari penghasilan atau 10% dari keinginan (hajat) jika dinominalkan. (kata ustadz sich.hehe).
      salam berbagi kebaikan

  5. Salam kenal Mas.

  6. saya dan istri sudah merasakan nikmatnya sedekah….

  7. Bersedekah memang harta kita berkurang taoi Alloh akan mengantinya berkali – kali lipat…

Tinggalkan Balasan

